Teknisi Elektronika Peralatan Listrik

Teknisi elektronika – Ada berapa cara untuk hubungkan konduktor kabel, kabel. Masing-masing dicirikan oleh kelebihan, kekurangannya sendiri. Baru-baru ini, metode menghubungkan konduktor menggunakan blok terminal Wago menjadi. Banyak lebih menyukai metode penyambungan konduktor ini karena keuntungan seperti kemudahan penyambungan lowongan teknisi elektronika . Dengan bantuan blok terminal ini, proses pemasangan kabel disederhanakan: alat ini menghubungkan konduktor perlu keterampilan, pengalaman dalam pekerjaan listrik.

Blok Terminal Teknisi Peralatan Listrik Dan Elektronika Cpns

Blok Terminal Teknisi Peralatan Listrik Dan Elektronika Cpns
https://www.pexels.com/id-id/foto/reparasi-profesional-tanpa-wajah-memperbaiki-kartu-video-di-pusat-layanan-3825584/

Terminal Wago datang dalam beberapa seri, masing-masing memiliki fitur desain, metode penjepitan konduktornya sendiri. mudah dipasang adalah terminal self-clamping Wago dari seri 773, terminal lebih ringkas dari seri 2273. Untuk menghubungkan konduktor ke terminal self-clamping, perlu melepaskannya, cukup memasukkannya ke dalam lubang blok terminal sampai itu berhenti. Koneksi kontak sudah siap.

Adapun keandalan, dilihat dari ulasan pelanggan, hasil pengujian, maka terminal ini sepenuhnya memenuhi karakteristik dinyatakan, yaitu arus beban pengenal. Tetapi sering terjadibahwa pengkabelan dipasang menggunakan blok terminal ini gagal.

Alasan utamanya adalah penggunaan blok terminal tidak asli, palsu tidak menahan arus beban ditentukan, karena alasan ini gagal. Bagaimana membedakan blok terminal self-clamping baik dari palsu?

Pertama, perlu membeli terminal secara eksklusif dari perwakilan resmi, mitra distribusi Wago. Untuk mengetahui alamat toko dikota Anda, perlu mengunjungi situs resmi Wago, melihat daftar mitra distribusi dikota tertentu.

Jika tidak ada mitra Wago dikota Anda, kemungkinan besar toko mengkhususkan diri dalam penjualan produk kelistrikan mungkin menjual barang palsu tidak sesuai karakteristik terminal aslinya. Bagaimana cara memeriksa kualitas terminal dalam kasus ini?

Teknisi Peralatan Listrik Dan Elektronika Kemenhub Adalah

Teknisi Elektronika Peralatan Listrik 3
https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-profesional-tukang-keamanan-442160/

Pertama-tama, perlu memperhatikan perumahan terminal. Itu harus berisi data berikut: seri, kisaran nilai diizinkan dari konduktor terhubung, panjang pelepasan konduktor terhubung dari isolasi, serta logo perusahaan Wago. Selain itu, data ditentukan harus sesuai dideklarasikan oleh pabrikan untuk blok terminal seri tertentu. Karena itu, sebelum membeli terminal, disarankan untuk mengunjungi situs web resmi pabrikan, memilih blok terminal diperlukan dari seri tertentu, parameter sesuai, serta warna dalam katalog produk.

Anda harus memperhatikan keberadaan diterminal lubang uji untuk alat ukur probe, jendela untuk memeriksa kecukupan pengupasan insulasi dari konduktor terhubung. Selain itu, bagian tubuh blok terminal self-clamping harus transparan sehingga saat menghubungkan konduktor, secara visual memverifikasi keandalan, kebenaran koneksi kontak.

Jika jenis self-clamping dari penghalang tidak disembuhkan menawarkan tautan konduktor aluminium ringan, maka itu benar-benar diperlukan untuk menjamin bahwa itu termasuk campuran Alu-Plus unik, menghilangkan film pengoksidasi berasal dari konduktor aluminium ringan terhubung, menghindari terjadinya kembali sendiri. seluruh prosedur sementara berhubungan perlindungan.

Saran berlebihan mengenai pilihan item awal sebenarnya subjektif, karena mungkin untuk menarik pemikiran akhir ketergantungan penghalang tidak disembuhkan hanya pada cara keahlian individu dalam prosedur mereka atau bahkan ketika melakukan pemeriksaan listrik benar.

Selain itu, harus benar-benar diingat bahwa keandalan sambungan kontak kabel listrik digunakan self-clamping penghalang tidak disembuhkan mudah benar-benar dijamin jika peraturan, saran untuk menghubungkan, menjalankan satu atau bahkan sejumlah jenis terminal benar-benar dipatuhi. Oleh karena itu, pemikiran akhir sering salah sebenarnya dibuat disekitar terminal tidak diandalkan, karena alasan untuk analisis mereka adalah tautan tidak akurat atau bahkan tidak adanya keamanan sesuai dari area televisi kabel berasal dari kelebihan beban mungkin terjadi.

Ini berarti bahwa jika ada hambatan kecil disirkuit, arus besar, jika besar, itu kecil, juga ketika tegangan meningkat, arus tumbuh itu. Hal ini tampak jelas, tetapi pendatang baru sering memiliki pertanyaan “mengapa korsleting disebut korsleting?, apa terjadilama? Itu hanya karena jika terjadikorsleting, resistansi sirkuit tertutup kira-kira sama dengan:

  • R hubung singkat \u003d R GARIS + r + R KONTAK,
  • dimana RLINE adalah resistansi konduktor, tergantung gaji teknisi elektronika pada penampang, panjangnya (R=po*L/S).
  • r adalah resistansi internal catu daya. Secara sederhana, itu tergantung pada desain apakah itu sel galvanik, atau pada penampang kawat dibelitan transformator.
  • RCONTACT – resistansi transisi atau kontak – nilainya tergantung pada area menyentuh dua konduktor tertutup.

Perlu mempertimbangkan resistansi induktif, kapasitif reaktif, tetapi masalah ini dihilangkan dalam kabel rumah tangga.

Akibatnya, ketika sirkuit ditutup, arus hanya dibatasi oleh resistansi diatas, dalam banyak kasus mereka diabaikan (fraksi ohm dalam jaringan listrik rumah), bahkan resistansi 1 ohm pada tegangan 220V, arus 220V mengalir disirkuit, berlawanan kabel biasanya dirancang untuk 16-40A. Namun dalam praktiknya, arus hubung singkat adalah ratusan, ribuan ampere! Hukum kedua perlu dikatakan adalah hukum, buku teks mengatakan itu:

Apa artinya? Fakta bahwa semakin besar hambatan konduktor atau arus melaluinya, semakin banyak panas dilepaskan padanya. Artinya, ketika arus mengalir melalui kabel, mereka memanas. Setiap konduktor memiliki hambatan tertentu.

Untuk mencegah konduktor dari panas berlebih, pilih bagian diinginkan untuk arus tertentu. Agar inti tidak memanas, panas harus dibuang ke lingkungan, ia menghilang lebih cepat, semakin besar area dari mana ia menghilang.

Dalam hal ini, kabel tipis dibawah beban berat mulai memanas, menjadipanas, sementara kabel tebal punya waktu untuk mengeluarkan panas ke luar, suhunya hampir tidak berubah. Jika suhu konduktor terlalu tinggi, hingga inti memerah, insulasi meleleh.

Tugas Teknisi Peralatan Listrik Dan Elektronika Kemenhub

Tugas Teknisi Peralatan Listrik Dan Elektronika Kemenhub
https://www.pexels.com/id-id/foto/bangunan-konstruksi-industri-tembok-5691642/

Anda mungkin tahu bahwa kawat atau kabel inti penampang tertentu dipilih untuk setiap beban, misalnya, untuk menilai pilihan bagian inti benar dari kabel merek VVG-NG-ls populer, gunakan tabel 1.3.4 dari PUE tersebut. Ini menjelaskan persyaratan untuk kabel, kabel insulasi karet atau polivinil klorida (PVC). Ini memperhitungkan metode peletakan, jumlah konduktor.

Karena konduktor dipilih margin, tukang listrik dipandu oleh aturan sederhana: untuk soket, kabelnya 2, 5 mm², untuk penerangan – 1, 5 mm². Dalam kebanyakan kasus ini sudah cukup. Menurut tabel ini, memeriksa nilai penampang dihitung, apakah konduktor menahan kepadatan arus seperti itu tanpa terlalu panas, masalah lainnya.

Jadi, langkah pertama untuk melindungi pada kelebihan beban adalah memasang kabel baik dari kabel tembaga seperti VVG-NG-ls atau NYM. Pada saat sama, perlu diingat bahwa ketika membeli produk kabel “dipasar”, mungkin menunggu produk dibuat tidak sesuai GOST, berarti bahwa penampang sebenarnya cenderung kurang dari ditentukan. Akibatnya, tampaknya kabel diletakkan “sesuai kebutuhan”, tetapi sebagai akibatnya, koneksi terbakar, inti memanas, insulasi meleleh.

Peralatan pelindung

Sirkuit yaitu perangkat utama untuk melindungi kabel pada kelebihan beban, korsleting. Orang-orang menyebutnya mesin otomatis, secara keliru disebut “tas” (pada dasarnya salah). Kami berbicara cara kerjanya diartikel Perangkat, prinsip pengoperasian pemutus sirkuit Hal utama harus diingat adalah bahwa pemutus sirkuit melindungi KABEL, KABEL atau KAWAT dari kebakaran atau kebakaran, tetapi bukan peralatan atau orang.

Pemutus arus

Singkatnya teknisi elektronika ada dua pelepasan dipemutus sirkuit – elektromagnetik, termal. elektromagnetik dipicu ketika arus dilampaui (beberapa, puluhan kali lebih banyak dari arus pengenal), misalnya, selama korsleting, termal sedikit kelebihan beban, misalnya, 20-50 %.

Perangkat pemutus sirkuit

Jadi, jika gaji teknisi elektronika menyalakan banyak peralatan listrik, pelepasan termal memanas, ini adalah pelat bimetal menekuk saat dipanaskan. Dengan menekuk, itu menggerakkan mekanisme untuk membuka pemutus sirkuit, sehingga sirkuit kehilangan energi. Pelepasan elektromagnetik adalah solenoida didalamnya ada inti. Ketika arus besar mengalir, solenoida mendorong keluar inti, mengatur mekanisme perjalanan. Ini adalah jenis relai arus.

Keamanan penggunaannya tergantung pada pilihan benar dari peringkat, jenis karakteristik waktu-arus. Arus pengenal pemutus sirkuit dipilih berdasarkan kapasitas titik terlemah dalam perkabelan. Misalnya, kabel apa pun letakkan disoket, lihat apa tertulis teknisi peralatan listrik, elektronika kemenhub adalah diatasnya, disebagian besar soket rumah tangga melihat 16 amp, terkadang 10 amp.

Karena itu, peringkat stop sirkuit dipilih pada 16A. Jika, misalnya, memutuskan untuk memasang mesin otomatis, arus pengenal 32A, berdasarkan pertimbangan “ada beberapa soket, kabel tahan, itu 2, 5-4 mm²”, maka ketika terhubung ke satu outlet melalui kabel ekstensi pemanas, pengering rambut, ia melewati arus lebih dari 16A, akibatnya, kontaknya mulai memanas, kasingnya meleleh.

Jika tidak mematikan perangkat tepat waktu, maka, ketika dipanaskan, kontak tertutup jelaga, bagian-bagian kasing meleleh, batang logam menahan steker mengembang, kontak melemah. Karena itu resistansi kontak meningkat, pemanasan menjadilebih intens, soket mulai berkobar, berasap, hingga api wallpaper atau dinding tempat ia dipasang. Karakteristik arus waktu, kata sederhana, ini adalah karakteristik menunjukkan seberapa cepat mesin mati jika terjadikelebihan beban. sering digunakan mesin kelas B, C.

Gaji Teknisi Elektronika

Gaji Teknisi Elektronika
https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-memegang-kertas-printer-putih-6177559/

Aturan kedua adalah memasang sirkuit pada arus pengenal tidak melebihi tautan terlemah dikabel. Jika kamu membutuhkan lebih banyak konsumen untuk bekerja pada saat sama, bagilah soket menjadibeberapa kelompok disetiap ruangan, letakkan kabel terpisah (kabel radial).

Perlindungan kebocoran diferensial hingga hari ini, penduduk, setelah memasang RCD karena suatu alasan, percaya bahwa itu melindungi kelebihan beban, korsleting, ini salah.

RCD yaitu perangkat arus dirancang melindungi terhadap kebocoran . Ini diperlukan untuk: melindungi seseorang jika terjadikontak tidak disengaja bagian bertegangan dibawah tegangan (kabel telanjang, kasing alat listrik rusak), serta kebocoran arus ke kasing diarde, saluran pipa, elemen struktural, lainnya. RCD memonitor berapa banyak arus telah melewati fase, berapa banyak melalui penghantar netral, jika ada perbedaan antara kabel, maka telah terjadikebocoran, kontak daya terbuka.

Lowongan Teknisi Elektronika

Lowongan Teknisi Elektronika
https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-profesional-tukang-keamanan-442160/

pekerjaan UZO Ini memastikan keselamatan orang, serta mengurangi risiko pengembangan lebih lanjut dari kebocoran korsleting, jika insulasi rusak, penting dirumah kayu, misalnya.

Jenis lain dari teknisi peralatan listrik, elektronika cpns perangkat pelindung – difavtomat, menggabungkan fungsi RCD, pemutus sirkuit. Pada gambar dibawah ini melihat cara membedakan difavtomat (disebelah kiri) dari RCD (disebelah kanan), perbedaan dalam diagram, dalam penandaan.

pembatas daya Perangkat berikutnya memutus beban jika terjadi kelebihan daya. Ini adalah relai batas daya. Contoh perangkat semacam itu adalah OM-110 fase tunggal atau OM-310 tiga fase, ada model lain – ini hanya sebagai contoh.

Pembatas daya OM-310, Meskipun perangkat ini tidak bersifat protektif, perangkat ini lebih banyak digunakan oleh perusahaan catu daya atau jaringan untuk mengontrol, membatasi konsumsi listrik diatas nilai ditetapkan dalam situasi normal atau mengurangi nilai ini dalam keadaan darurat. Produk memonitor konsumsi daya dan, jika terlampaui, mematikan konsumen.

Namun, perangkat tidak mengizinkan kabel listrik kelebihan beban jika mengatur parameter operasinya benar. Jika kamu tertarik untuk mempelajari perangkat semacam itu, tulis dikomentar, kami memberi tahu kamu mereka. Kesimpulan – 3 aturan agar tidak terjadi korsleting, kelebihan beban

Keamanan, daya tahan kabel listrik terletak pada tiga pilar:

  • Pilihan benar dari bagian produk kabel.
  • Pemasangan pemutus sirkuit, perangkat perlindungan lainnya dari peringkat diperlukan. Beli hanya ditoko bersertifikat agar tidak menjadipalsu, berikan preferensi untuk merek seperti ABB, Schneider Electric, dari lebih murah – KEAZ domestik (Kursk).
  • Pengoperasian peralatan listrik benar.

Dengan “penggunaan tepat” saya maksud:

  1. Penggantian tepat waktu, pembicaraan blok produk instalasi listrik – mesin otomatis, RCD, sakelar lampu, soket.
  2. Distribusi beban rasional diantara soket – jangan masukkan peralatan listrik kuat ke tee, kabel ekstensi, sehingga membebani stopkontak atau kabel mengalirkannya (lihat – Mengapa berbahaya menggunakan tee, kabel ekstensi ).
  3. Penanganan peralatan listrik hati-hati – jangan biarkan air, benda logam masuk ke dalam peralatan rumah tangga sehingga tidak terjadikorsleting. Lagi pula, bahkan jika mesin, kabelnya bagus, harus ingat bahwa mesin terkadang menempel atau bekerja lambat, akibatnya koneksi dikotak persimpangan terbakar.
  4. Saat memperbaiki peralatan, memasang atau merawat kabel, gunakan insulasi berkualitas tinggi menempel baik atau tabung panas menyusut. Hindari lilitan – sambungkan kabel menyolder, mengelas, berlengan atau blok terminal. Dengan cara ini, kamu menghindari korsleting karena isolasi buruk atau pemanasan koneksi dikotak persimpangan.

Polimer terkonjugasi memiliki banyak aplikasi karena sifat optoelektronik, mekaniknya menguntungkan. Sifat-sifat ini secara intrinsik bergantung pada urutan polimer, termasuk kristalinitas, orientasi, morfologi, ukuran domain, interaksi –π. Memprogram, atau sengaja mengontrol komposisi, pengurutan pol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *